Selamat Datang di Fasilkom

Assalamu’alaikum
~Tulisan ini didedikasikan untuk keluarga2 baruku, mahasiswa baru Fasilkom 2006.

Tidak ada kalimat yang pantas diucapkan untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru Fasilkom 2006 selain selamat datang di Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas terbaik di UI, Fakultas paling kecil di UI, Fakultas yang memiliki rasa kekeluargaan yang erat, Fakultas paling Hi-Tech, dan Fakultas dengan segala keunikan-keunikannya.

Keberhasilan teman-teman semuanya masuk Fasilkom tentu saja harus disyukuri. Karena sesungguhnya untuk mendapatkan satu kursi di Fasilkom, puluhan peserta SPMB lainnya harus tersingkir. Oleh karena itu, sudah seharusnya kesempatan kuliah di Fasilkom ini tidak disia-siakan dengan bermalas-malasan, hanya bermain-main, dan tindakan tidak dewasa lainnya.

Sebagai Fakultas paling kecil di UI dari segi jumlah mahasiswa, dosen, dan luas fisiknya, Fasilkom memiliki sebuah ciri khas yang hampir-hampir tidak dimiliki oleh Fakultas manapun di UI. Ciri khas tersebut adalah rasa kekeluargaan. Keluarga besar Fasilkom tidak hanya meliputi mahasiswanya saja, tetapi juga meliputi seluruh dosen, staff, janitor, keamanan, dan kantin. Penulis tidak pernah melihat ada mahasiswa yang duduk untuk makan bersama dengan janitor, selain di Fasilkom. Penulis juga belum pernah melihat ada mahasiswa yang bercanda hangat dengan orang-orang kantin, selain di Fasilkom. Hal yang sama juga terjadi pada para dosen, staff, dan keamanan. Rasa kekeluargaan inilah yang harus terus kita pertahankan sebagai ciri khas Fasilkom.

Bagaimana dengan kuliah di Fasilkom? Banyak orang mengatakan bahwa kuliah di Fasilkom itu berat, dengan tugas yang menumpuk yang sampai-sampai harus begadang untuk menyelesaikanya. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, namun tidak sepenuhnya salah juga. Semua itu kembali ke gaya belajar dan manajemen waktu diri kita masing-masing. Tentang tugas, kemungkinan besar teman-teman akan merasakan ‘nikmatnya’ begadang semalaman mengerjakan tugas. Pernahkah teman-teman mendengar istilah Deadliner? Deadliner artinya kurang lebih mengerjakan tugas pada waktu beberapa hari menjelang deadline. Bagi beberapa orang, hal ini menjadi kebiasaan karena mereka menikmati sensasi terburu-buru dikejar deadline itu. Buruknya, sifat deadline ini berarti menyia-nyiakan waktu yang ada karena tugas tersebut selalu ditunda hingga saat-saat terakhir. Tentu saja itu bukan sifat yang dewasa.

Empat tahun kuliah di Fasilkom, apa yang bisa teman-teman lakukan? Tentu saja banyak sekali. Seperti dalam Marsnya, Fasilkom itu adalah “Samudera Laut Ilmu”. Berbagai macam ilmu tentang IT (Information Technology) bertebaran di Fasilkom. Entah itu programming, disain web, disain grafis, animasi, hacking, dan sebagainya, ada anak-anak Fasilkom yang menguasai ilmu-ilmu tersebut. Oleh karena itu, sangat sayang abila kita sampai tidak menguasai satupun dari ilmu tersebut. Gunanya apa? Salah satunya adalah untuk mempermudah kita mencari pekerjaan, tentu saja. Banyak dari anak-anak Fasilkom, bahkan sebelum lulus, sudah banyak ditawari proyek-proyek pekerjaan dari luar.

Selain ilmu IT yang notabene ilmu maya (maksudnya digunakan di dunia maya, -red), kita juga harus menguasai ilmu-ilmu dunia nyata, seperti ilmu komunikasi, networking, team-work, manajemen, dan lainnya. Industri IT yang sekarang sedang booming ini membutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan lebih dari hanya kemampuan teknis (kemampuan IT). Sebagian besar dari ilmu-ilmu tersebut tidak bisa didapat hanya dari bangku kuliah semata. Ilmu-ilmu tersebut bisa kita dapat dari mengikuti organisasi-organisasi kemahasiswaan, kepanitiaan-kepanitiaan acara, dan banyak kegiatan-kegiatan kemahasiswaan lainnya. Oleh karena itu, sangat disarankan agar kita aktif pada organisasi-organisasi kemahasiswaan, baik pada organisasi tingkat Fasilkom seperti BEM Fasilkom, DPM, maupun organisasi keagamaan maupun organisasi tingkat Universitas seperti BEM UI atau UKM-UKM. Percayalah, tidak ada ruginya mengikuti kegiatan-kegiatan lain di luar kuliah, karena itu justru mendukung proses pengembangan diri kita.

Karena saat ini status kita meningkat dari ‘sekedar’ siswa menjadi mahasiswa, banyak konsekuensi positif yang harus dimiliki dengan status mahasiswa tersebut. Salah satunya adalah sikap kritis. Kritis dalam berpikir, kritis dalam belajar, kritis dalam menerima sesuatu, dan karena kita berada dalam lingkungan IT, kritis dalam menggunakan software (perangkat lunak). Sebelum kuliah, mungkin kita terbiasa menginstall-install software di komputer tanpa mengetahui dulu sebelumnya apakah ini software legal atau bajakan. Sekarang, kita harus lebih kritis dan mengetahui yang mana software bajakan, yang mana software yang legal dan bisa diinstall.

Alasannya cukup sederhana. Kita nanti akan merasakan bagaimana beratnya mengerjakan tugas-tugas pemrogramaan yang diberikan di Fasilkom. Tentu saja kita akan merasa sangat kesal apabila tugas yang kita kerjakan sendiri ini dicontek (dicopy) oleh orang lain. Begitulah logika sederhana dalam pembajakan software, kita harus bisa menghargai usaha para pembuat software tersebut dengan cara tidak membajak softwarenya. Pembajakan software juga menyentuh sisi hukum, karena pembajakan software itu bertentangan dengan hukum yang berlaku secara internasional.

Oleh karena itu, apalagi karena kita adalah mahasiswa Fasilkom, kita harus bisa menjadi pelopor pencegah tindakan-tindakan pembajakan. Dan tenang saja, di internet tersedia berbagai macam software-software freeware atau gratisan yang bisa dijadikan alternatif dari software yang biasa dibajak. Software tersebut bisa diinstall sesuka hati tanpa ragu, karena itu bukan software bajakan. Kualitasnya pun tidak kalah dengan software-software komersil yang biasa dibajak.

Terakhir, sekali lagi selamat datang dan selamat bergabung di keluarga besar Fasilkom UI. Semoga teman-teman bisa memberi yang terbaik dan menghasilkan yang terbaik pula selama kuliah di Fasilkom UI, karena sesungguhnya teman-teman adalah orang-orang pilihan yang memiliki segudang potensi yang menunggu untuk diungkapkan.

Assalamu’alaikum wr.wb.

Muhammad Ilman Akbar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s