Alhamdulillah..

Assalamu’alaikum..
Alhamdulillah.. Sejarah baru dari ApaDonk Web Architecture and Graphic Design telah dimulai.. Insya Allah ini bisa jadi langkah awal menuju masa depan perusahaan yang cemerlang..

Ayo teman-teman semuaya.. Dukunglah kami.. Oh iya, btw, temen-temen bisa gabung di milis ApaDonk.. Di milis ini, insya Allah temen-temen bisa sama-sama belajar tentang disain web, disain grafis, juga web programming..

Milisnya apa? Milisnya itu alamatnya apadonkers@yahoogroups.com

Buat gabung, temen-temen bisa ngirim email kosong ke apadonkers-subscribe@yahoogroups.com..

Oke-oke?

Assalamu’alaikum..

(Almost) Out of Time

Assalamu’alaikum..
Astaghfirullah.. Ya Allah tolong ampuni hamba-Mu ini yang telah lalai dan menyia-nyiakan waktu yang diberikan kepadaku..

~Postingan ini ditulis disela-sela:
1. Ngerjain tugas PPW
2. Harus dateng Kajian Ramadhan
3. Rapat Seminar di FISIP
4. Keharusan pulang cepet, mau buka di rumah, karena adikku yang paling kecil hari ini ultah..

Semua agenda di atas terbengkalai karena memprioritaskan agenda yang no.1

Ya Allah ampunilah hamba..

Assalamu’alaikum..

7 Things

Assalamu’alaikum..
Dapet PR dari Leni (http://lenidisini.blogspot.com). Cukup banyak juga nih len, 7 biji, makanya ngerjainnya agak2 lama sedikit.. Maaf ya.. Ini udah slese kok..

7 things that scare me:

  1. Kehilangan teman-teman yang gw cintai.
  2. Kehilangan keikhlasan dalam menjalani aktivitas
  3. Kehilangan semangat dan optimisme dalam hidup
  4. Kehilangan kepercayaan dari orang lain
  5. Gw hampir nggak takut semua binatang, kecuali: ULAT. Hiiiy..
  6. Azab kubur dan azab neraka. Bayangin kulit kita ngelupas karena kebakar.. Bayangin kita minum air yang sangat panas, dan perut kita jadi meleleh..
  7. Kehilangan hidayah dari Allah SWT

7 random songs at the moment:
Wah, gw nggak terlalu ngerti nih, maksudnya apa.. Tapi mungkin kira-kira lagu apa yang terlintas di pikiran gw saat ini kan?

  1. Natalie Imbruglia – Wrong Impression
  2. L’Arc-en-Ciel – Jiyuu e no Shoutai
  3. Natalie Imbruglia – Torn
  4. Shania Twain – You’re Still The One
  5. Cokelat – Jauh
  6. Judy And Mary – Sobakasu
  7. Judy And Mary – Doki Doki

7 things that i like most:
Hmm.. Ini ambigu banget nih.. Yang gw suka kan banyak.. Tapi ya sudahlah, gw jawab aja..

  1. Bertemu dengan sahabat-sahabat gw. Ngobrol2, becanda2, saling mengingatkan, dan lain-lain. Sahabat itu salah satu dari sumber kekuatan diri gw.
  2. Tidur dengan guling tersayang. Guling ini adalah sahabat tidur gw. Tentang guling ini, kapan-kapan gw ceritain dengan lengkap deh.. Tunggu postingan selanjutnya ya..
  3. Naik motor! Gara-gara gw tiap hari ke kampus dengan mengendarai motor, gw jadi ketagihan naik motor nih. Apalagi setelah motor kesayangan gw, Vespa Biru tahun 1985 ini dicat ulang, dan mesinnya dibongkar. Wuih, makin bikin nafsu buat dinaikin. Apalagi gw seneng ngebut, dan Vespa gw ini tarikannya mantabb.. Komplit deh..
  4. Beraktivitas. Meskipun kadang2 kalo malesnya kumat suka males ngapa-ngapain, tapi pada dasarnya gw nggak suka ngeliat orang yang kerjaannya cuma diem aja, nggak ngapa-ngapain, nggak manfaatin waktu dengan baik, cuma main game, baca komik, dan segala hal yang nggak manfaat lainnya. Gw lebih suka ngeliat orang yang mondar-mandir ngelakuin sesuatu yang berguna.
  5. Disain grafis. Sekarang gw lagi kurang produktif nih, dalam hal disain mendisain. Tapi pokoknya, ini termasuk hobi utama gw, dan gw nggak mau kalah nih, sama orang-orang yang udah pada jago-jago.
  6. Belajar dan mencoba hal-hal baru. Dari dulu, gw suka banget mencoba hal-hal baru yang belum pernah gw coba sebelumnya. Contohnya dulu pas SMA ikut berbagai macem lomba, dari lomba Abang None sampe lomba Disain Web, terus gw nyoba nge-band karena gw dikit-dikit belajar main bass, di kuliah gw nyoba ikut-ikut lomba-lomba ilmiah, jadi MC (di PSAU), dan segala macem hal lainnya. Pokoknya cobalah tawarin gw sesuatu yang baru dan berbeda, asalkan itu bermanfaat, pasti gw terima buat gw coba. Oke?
  7. Memperhatikan hujan deras yang turun. Dari dulu, kalo misalnya hujan deras turun, pasti gw selalu bernostalgia dengan masa lalu gw. Masa-masa indah zaman gw kanak-kanak, SMP, SMA, pokoknya gw mengenang masa lalu gw yang bisa gw kenang. Nggak nyangka, waktu berputar sangat cepat, perasaan baru kemarin, gw ngerasain yang kaya gitu.. Feeling nostalgic!

7 important things in my bedroom:
Untuk poin ini gw nggak bisa jawab.. Soalnya gw nggak punya kamar.. Hehehe.. Tidurnya bareng2 adek2 di ruang keluarga, di depan teve!

7 random facts about me:
Tentang ini, detailnya bisa dilihat sini:
Tapi kira-kira kurang lebih seperti ini deh

  1. Bersemangat. Seringkali, gw selalu terlihat terburu-buru, agak-agak grusak-grusuk kan? Nah, itu karena gw terlalu bersemangat untuk mengerjakan hal-hal yang gw suka.. Bahkan sampe dalam hal suara aja, suara gw itu termasuk ‘toa’.. Abisnya batere gw alhamdulillah selalu fully charged sih.. Hehehe
  2. Ceria. Katanya temen-temen sih, gw tiap hari nggak pernah keliatan sedih ato murung.. Seringnya keliatan senyum dan tertawa.. Dan gw sendiri juga ingin menularkan kebahagiaan ini kepada orang lain.. Makanya kan gw sering nge-jayuz? Itulah cara gw untuk menularkan hal itu.. Tapi rasanya gw pikir-pikir terlalu berlebihan deh.. Gw harus ngurangin ngomong hal2 yang nggak penting (baca: nge-jayuz).. Soalnya waktu gw SMA, temen2 pada nganggap gw kurang dewasa, soalnya sering bercanda di waktu yang tidak tepat.. Yah, begitulah.. Tolong dibantu ya?
  3. Generalis. Suka dan bisa dengan banyak sekali hal, tapi belum ada satupun yang dikuasai secara khusus dan mendetail. Contohnya gini, gw itu banyak banget kesukaannya, seperti main alat musik (bass), disain grafis, menulis, disain web, main bola, dll.. Tapi, semuanya serba pas-pasan.. Main bass cuma bisa gitu-gitu doang, bahkan sering lupa kunci. Disain grafis masih gitu-gitu aja, bahkan udah sebulan ini nggak nghasilin satupun disain. Menulis? Yah, beginilah tulisan yang dihasilkan oleh seorang iLm@N, semuanya tertulis di blog ini. Main bola juga, skillnya pas-pasan. Jadi pemain belakang oke, tapi nggak jago2 amat. Jadi kiper paling suka, tapi sering blundernya. Begitulah kira-kira..
  4. Lupaan. Maksudnya pelupa.. Ini adalah salah satu sifat yang seharusnya sudah hilang. Aktivitas organisasi yang cukup banyak, kuliah+tugas-tugas yang bejibun, dan segala macam amanah dan aktivitas lainnya, seharusnya jangan sampai terbengkalai dengan satu sifat ini: Pelupa. Makanya, teman-teman, jangan segan-segan mengingatkanku dalam segala hal ya?
  5. (Mencoba) Jujur dalam segala hal. “Jujurlah padaku.. JIka kau tak lagi cinta.. ” Eh, bukan jujur yang kaya gini.. Maksudnya jujur, gw selalu berusaha semaksimal mungkin hidup dengan bersih, jujur, dan legal. Makanya, mp3-mp3 bajakan di rumah gw sudah gw tiadakan, gw udah nggak main game2 bajakan, gw meminimalisir software bajakan di rumah, dan gw mencoba taat pada peraturan lalu lintas.. That’s it! Idealisme bisa berubah seiring dengan perjalanan waktu, tapi ada satu idealisme yang tak akan berubah seiring perjalanan waktu, meskipun sangat berat menjalaninya. Timbal balik idealisme itu hanya satu: Surga. Idealisme itu tidak lain adalah: Kejujuran.
  6. Ekstrovert. Arti sebenernya sih nggak tahu, tapi ekstrovert itu kira-kira : Suka bergaul, aktif, dan cenderung nyaman bersama orang, Memperoleh semangat dari dunia luar, Tertarik dengan pengalaman yang luas, Menemukan apa yang mereka pikirkan dan rasakan dengan berbicara dan bertindak, Bertindak dulu, lalu mungkin memikirkannya nanti.
  7. Optimis. Masa depan itu bisa diubah dengan usaha kita. Gw alhamdulillah tidak (atau belum? jangan sampe deh!) pernah ngerasa begitu pesimis dan putus harapan terhadap apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Gw alhamdulillah selalu yakin, kalo gw bakal meraih apa yang gw impikan.

7 things i said the most:

  1. Assalamu’alaikum!
  2. Ganteng!
  3. Alhamdulillah!
  4. Subhanallah!
  5. Allahu Akbar
  6. Ya Allah..
  7. Cape deh..

7 important things i plan to do before i die:

  1. Menikah, punya istri yang cantik, cerdas, rajin, jago masak, (hla, kok malah ngomongin tentang istri?), memiliki keluarga sakinah mawaddah, wa rahmah. Dan yang paling penting, punya anak-anak yang sholih dan sholihah. Pahala dari do’a anak sholeh dan sholihah itu terus mengalir kepada gw meskipun gw udah meninggal dunia kelak.
  2. Memiliki ilmu yang bisa diajarkan kepada orang lain. Insya Allah gw mau sekolah setinggi-tingginya, dan gw mau jadi guru atau dosen atau ilmuwan. Kenapa? Karena gw mau ilmu yang gw dapat bisa dibagi kepada semua orang, dan bisa bermanfaat buat kemaslahatan umat manusia. Pahala dari ilmu yang bermanfaat itu akan terus mengalir kepada gw meskipun gw udah meninggal dunia kelak.
  3. Bisa punya perusahaan sendiri. Mudah-mudahan perusahaan yang sedang gw jalankan bersama teman2 gw yang lain (ApaDonk Web Architecture and Graphic Design: Baca: http://ilman05.blogspot.com/2006/05/apadonk-web-architecture-graphic.html) bisa berkembang menjadi perusahaan besar yang mendunia. Perusahaan itu harus bisa mempekerjakan dan menyejahterakan banyak orang, sehingga orang-orang bisa tercukupi kehidupannya.
  4. Poin yang ini ada hubungannya dengan sebelumnya, yaitu menjadi kaya raya. Dengan punya perusahaan sendiri, otomatis insya Allah, gw dan kawan2 gw sebagai pendiri, akan menjadi orang yang paling kaya. Dengan kekayaan tersebut, gw harus menginvestasikannya di jalan Allah dengan menginfakkannya, membangun sekolah, membangun masjid, membangun panti asuhan, dan sebagainya. Gw harus menyumbangkan harta gw, supaya harta gw menjadi amal jariyah. Pahala dari amal jariyah nggak akan berhenti mengalir kepada gw, meskipun gw meninggal dunia.
  5. Membahagiakan papah dan mamah. Gw ingin, meskipun gw nggak tahu, di hati papah dan mamah gw terlintas sebuah kalimat, “Papah dan mamah bangga punya anak sepertimu, Man!” Iya, insya Allah! Papah, mamah, semua aktivitas da’wah, organisasi, sekolah, kuliah, yang anakmu ini lakukan dari dulu, saat ini, dan hingga masa yang akan datang, itu semua kulakukan untuk papah dan mamah, karena Allah. Dan aku juga ingin, di surga kelak, kita bisa berkumpul kembali sebagai keluarga, sebagaimana kita yang saat ini berkumpul di dunia.
  6. Tentu saja, sebelum meninggal, minta maaf kepada semua manusia, baik yang mengenal gw atau tidak. Karena dosa-dosa yang terkait manusia hanya Allah ampuni jika yang bersangkutan minta maaf kepada orang tersebut. Juga yang nggak boleh lupa, melunasi utang2!
  7. Meninggalkan sesuatu yang dikenang umat manusia. Coba, mendengar kata Umar bin Khattab, apa yang terlintas di pikiran temen semua? Pasti yang teringat adalah tentang Khulafaurrasyidin kedua, orang yang sangat tegas membela Islam, pemimpin yang paling adil, dsb kan? Nah, gw mau orang mengenang sesuatu (yang positif) tentang gw, setelah gw meninggal.

7 friends i wanna pass this on:
Spesial buat sahabat2 baruku 2006 deh..

  1. Zahra
  2. Hakim =D
  3. Titha
  4. Jibril
  5. Berli
  6. Hilda
  7. Ivon

Alhamdulillah, akhirnya selese juga… Ayo teman2 2006.. isi ya…

Marhaban Ya Ramadhan! Puasa yuk, puasa!

Assalamu’alaikum..

“Ramadhan telah tiba.. Ramadhan telah tiba.. Hore, hore, hore! Hore!
Simpanlah tindakan burukmu.. Hilangkan keluh kesahmu..
Ramadhan telah tiba.. Ramadhan telah tiba.. Hatiku gembira..”
(Tasya – Libur Telah Tiba ~ digubah oleh Muhammad Ilman Akbar =P)

Ya, nggak kerasa, bulan Ramadhan sedikit lagi menjelang. Inilah bulan paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim seluruh dunia. Eit, tunggu dulu. Masa sih Ramadhan ditunggu-tunggu? Rasanya biasa-biasa aja deh.. Nggak ada bedanya kaya bulan-bulan yang lain deh, selain ada puasa dan sholat tarawih..

Itu dia! Bulan Ramadhan itu sangat dinanti-nanti oleh umat muslim sedunia, karena pada bulan inilah pintu-pintu rahmat dan ampunan dari Allah SWT dibuka. Pada bulan ini, kemungkinan do’a-do’a kita dikabulkan Allah lebih besar. Di bulan ini ada satu malam, yang jika kita alhamdulillah beribadah di malam tersebut, nilai ibadah kita tersebut seakan-akan ibadah kita selama 1000 bulan!

Nah, selain itu, ada juga beberapa hal yang bisa kita dapet, asalkan kita berpuasa dengan ikhlas, sungguh-sungguh, dan benar:

1. Ramadhan itu mengoptimalkan self-controlled kita.
Coba, bisa ngebedain nggak, antara orang yang lagi puasa dengan yang nggak puasa? Pasti cukup sulit ngebedainnya kan? Bandingin dengan orang yang lagi sholat dengan nggak sholat. Yang lagi sholat pasti ketahuan lagi sholat kan(ya iyalah, emangnya lagi macul! hehe)?

Jadi bisa dibilang puasa itu adalah ibadah yang hanya kita dan Allah sajalah yang tahu. Kalo kita siang-siang di bulan puasa makan secara diem-diem, nggak ada orang lain yang tahu kan? Kalo kita marah-marah sendiri di dalam hati, nggak ada orang lain yang tahu juga kan?

Oleh karena itu, puasa itu bisa mengoptimalkan self-controlled kita, karena kita jadi sadar, bahwa Allah SWT itu Maha Melihat segala perbuatan kita. Segala perbuatan baik maupun buruk, sekecil apapun itu, pasti dilihat oleh Allah SWT, dan pasti ada balasannya di akhirat kelak. Jadi, puasa bisa memperkuat rasa diawasi kita oleh Allah SWT.

2. Memperkuat obsesi akan kehidupan akhirat daripada kehidupan dunia
Jika ditanya: Apa obsesimu? Jangan jawab sutradara, selebritis, ato pemain bola ya! Jawablah: akhirat! Ya, bulan Ramadhan ini adalah bulan yang banyak rahmat, ampunan, dan berkahnya. Seharusnya kita menjadi terobsesi untuk berlomba-lomba beramal soleh (fastabiqul khairat), beribadah sebanyak-banyaknya, bersedekah sebanyak-banyaknya, dan segala perbuatan baik lainnya, karena balasan dari Allah SWT untuk kita adalah sangat besar sekali, yaitu surga!

Jika dibandingkan dengan kenikmatan surga, dunia ini nggak ada apa-apanya! Allah bilang, kalo isi kehidupan dunia ini cuma senda gurau belaka, dan kita cuma ‘mampir’ sebentar di dunia. Bandingin dengan kenikmatan surga: di dalamnya ada mata air yang memancar, apapun keinginan kita pasti dikabulkan, perlengkapan keseharian kita di sana terbuat dari sutra, emas, perak, berlian, dll, dan kita akan memiliki bidadari surga, yang matanya sangat indah, umurnya muda, tubuhnya *sensor =P, dan belum ada yang pernah menyentuhnya, selain kita nanti. Dan yang paling penting, kita abadi dalam kenikmatan surga tersebut.

Pernah menghitung umur kita di dunia? Ya jelas belum lah, kan kita belum mati.. Hehehe, iya juga ya? Maksudnya, umur rata2 kita di dunia berapa lama? 60, 70, 80, 90 tahun kan? Coba bandingin dengan hidup kita di akhirat: ABADI! Bisa ngebayangin? Wow, jangan dibayangin deh, nanti pusing.. Pokoknya, kita bergelimang kenikmatan deh.. Jika kita di dunia setiap hari puas dan bahagia dengan game-game handphone dan komputer kita, laptop dan internet kita, pacar-pacar *ehm kita, dan sebagainya, insya Allah di surga kelak, kita akan mendapat yang seperti itu, dengan dikalikan berkali-kali lipat. Masih nggak tergoda dengan kenikmatan surga? Wah, rugi deh, kalo gitu.. Hehehe..

3. Melahirkan manusia-manusia dengan kepekaan sosial yang tinggi
Yang ini sih nggak usah dijelaskan terlalu penjang lebar ya, karena kita seharusnya sama-sama tahu, kalo puasa itu juga berperan sebagai sarana empati kita. Dengan laparnya kita, kita jadi tahu bagaimana rasanya orang-orang miskin kelaparan. Sambil laper2 puasa, kita juga capek2 kuliah kan? Kita jadi bisa ngerasain, rasanya pemulung2 yang bekerja setiap hari berpanas-panas sambil kelaparan..

Ya, itulah 3 hal yang insya Allah bisa kita dapatkan setelah kita keluar dari bulan Ramadhan. Intinya sih, kita harus berpuasa dengan baik, dan jangan lupa, selain puasa, kita juga harus memperbanyak ibadah-ibadah lain seperti tilawah Qur’an, sholat sunah, dll.. Juga harus jaga hati, jangan marah-marah, jangan ngomong kotor, jaga mata, jangan sampe kita seneng ngeliat hal-hal yang aduhai (yang cowok ngerti kan maksudnya?).. Oke-oke?

Akhir kata, saya, Muhammad Ilman Akbar, mohon maaf dengan setulus-tulusnya kepada semua temen-temen, mudah-mudahan Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadhan sebelumnya, dan kita bisa mengambil rahmat Ramadhan sebanyak-banyaknya.

Assalamu’alaikum wr.wb..

Nostalgia Sejenak – SMA

Assalamu’alaikum..
Nostalgia. Membaca tulisan ini, apa yang ada di pikiran teman-teman semua? Segala pengalaman masa lalu kembali terlintas di pikiran kita, dan kita serasa terbawa kembali ke masa lalu. Perasaan-perasaan bahagia, pengalaman-pengalaman tak terlupakan, kejadian-kejadian buruk, dan sebagainya seakan bisa kita rasakan kembali.

Hal itulah yang sedang saya rasakan saat ini. Ceritanya begini:

Dari saya SMA, saya dan adik-adik punya laci masing-masing, tempat menaruh buku-buku pelajaran. Begitu lulus SMA dan masuk perguruan tinggi, tentu saja buku-buku pelajaran SMA yang ada di laci tersebut dibereskan, dan ditaruh di tempat lain. Akan tetapi, masih ada beberapa barang lain seperti kertas-kertas, berkas-berkas, buku-buku selain buku pelajaran, yang tidak ikut terbawa saat buku pelajaran SMA dibereskan.

Nah, malam ini saya alhamdulillah tiba-tiba mendapat ‘hidayah’ untuk membereskan laci tersebut, yang selama ini berantakan dengan adanya majalah-majalah dan tabloid-tabloid komputer. Laci tersebut, setelah dibereskan, akan digunakan sebagai tempat menaruh buku-buku kuliah, dan buku-buku lain yang pernah saya beli.

Saat membereskan laci tersebut, saya menemukan banyak benda, yang mengingatkan saya dengan saat-saat indah di SMA dulu, terutama benda-benda saat saya kelas 3. Oh iya, tentang SMA yang katanya masa paling indah, saya punya cerita sendiri mengenai hal ini. Saat baru masuk SMA, banyak yang bercerita (termasuk dari majalah, sinetron, dll) bahwa masa SMA itu adalah masa yang paling indah dalam kehidupan setiap manusia. Tentu saja saya tidak percaya begitu saja. Setelah 3 tahun menjalani masa SMA, saya memiliki kesimpulan yang persis sama: SMA itu adalah masa yang paling indah dalam kehidupan saya. Saya memiliki teman-teman sekelas yang alhamdulillah selalu seru, saya ikut organisasi-organisasi yang benar-benar mempengaruhi jalan hidup saya, dan saya termasuk orang yang gaul, karena mengenal dan dikenal banyak orang. Untuk detailnya, silakan baca postingan saya sebelumnya.

Kembali ke cerita barang-barang dari laci, saya menemukan beberapa hal yang membuat saya benar-benar feel nostalgic dan merasa ingin kembali ke masa itu. Pertama, saya menemukan beberapa surat yang berada dalam amplop-amplop hitam. Saya langsung ingat, itu adalah surat simpati yang ditulis oleh siswa-siswa baru kelas 1 saat MOS (Masa Orientasi Sekolah). Murid-murid baru diharuskan mengirim surat simpati kepada kakak-kakak OSIS/MPK yang menjadi panitia MOS, tapi harus yang berlawanan jenis dengannya. Saya sendiri dikirimi 7 buah surat oleh murid-murid baru (tentu saja perempuan) dari kelas X-5, kelas yang saya menjadi PJ di dalamnya. Bila ingat hal ini, saya jadi senyum-senyum sendiri dan feel nostalgic banget, karena kenangan surat ini membuka kenangan tentang MOS (saya 2 tahun menjadi pengurus OSIS/MPK, maka saya 2 kali menjadi panitia MOS). Kenangan tentang MOS membuka kenangan tentang OSIS/MPK yang saya benar-benar mendapat pengalaman yang tak terlupakan di situ. Dan kenangan tentang OSIS/MPK, alhamdulillah, membuka jalan hidup saya sampai sekarang ini. Kapan-kapan insya Allah saya ceritakan deh, beberapa pengalaman di OSIS/MPK.

Kedua, saya menemukan Buku Curhat antara saya dengan seorang sahabat perempuan saya, dulu waktu kelas 2. Hal ini tidak usah diceritakan lebih lanjut ya?

Ketiga, saya menemukan bungkus hadiah ulang tahun saya yang dikirim oleh sahabat tersebut. Hadiah ulang tahun ke-16 saya itu dibuat sendiri olehnya. Sedihnya, dan sampai saat ini saya sangat menyesali hal itu, hadiah tersebut hilang. Hadiah berupa gantungan berbentuk disket dari kain flanel tersebut saya taruh di dalam tas saya yang lama, karena saya sering lupa untuk mengeluarkannya dari tas tersebut. Tas tersebut, karena sudah tidak layak pakai, diberikan oleh ibu saya kepada pemulung. Alhasil, hadiah tersebut tidak terselamatkan sama sekali. Sampai sekarang, jika saya mengingat hal tersebut, saya sangat sedih dan merasa tidak menghargainya. Maaf ya ‘A..

Keempat, saya menemukan bungkus biskuit yang bergambar anime One Piece. Biskuit tersebut adalah oleh-oleh dari teman sekelas saya, namanya Hanifa, yang satu bulan pergi ke Nagoya, Jepang, untuk pertukaran pelajar. Sekarang, ia kembali ke Jepang, karena mendapat beasiswa Monbusho dari pemerintah Jepang.

Kelima, saya menemukan foto-foto silaturahim perpisahan anak-anak ROHIS angkatan saya, beberapa minggu sebelum SPMB berlangsung. Acara silaturahim itu diadakan di Kebun Binatang Ragunan. Jika melihat foto-foto tersebut, berbagai kenangan saya di ROHIS muncul kembali. Kenangan mengikuti pembinaan demi pembinaan yang diberikan, hingga akhirnya bisa menjadi Ilman yang seperti sekarang ini (memangnya Ilman sekarang kayak gimana?). Kenangan menjadi panitia acara demi acara di ROHIS, kenangan berinteraksi sesama ikhwah pengurus ROHIS, kenangan ‘berantem’ antar ikhwan dengan akhwat saat sedang ada perbedaan, dan berbagai kenangan lainnya. Bila boleh jujur, satu-satunya kenangan SMA yang berbekas sampai sekarang, dan mengubah saya ‘totally’, adalah ROHIS. Sampai sekarang, alhamdulillah, saya tidak henti-hentinya bersyukur, karena saat SMA diberi hidayah oleh Allah SWT untuk bergabung dengan barisan pejuang-pejuang da’wah, dan insya Allah saya tidak akan berpisah dengan barisan ini.

Keenam, saya menemukan foto-foto band Jepang yang saya idolakan pada saat itu, yaitu L’Arc-en-Ciel dan Judy And Mary. Saat SMA saya berada dalam kondisi puncak-puncaknya nge-fans dengan musik, terutama musik Jepang (OST Anime dan Japanese Rock). Saat itu, di komputer saya, ada ber-giga-giga byte mp3 dan video dari musik-musik Jepang tersebut. Saat ini, saya tetap suka dengan musik-musik Jepang, tapi tidak nge-fans lagi seperti dulu. Bisa dibilang sekedar suka saja. Ber-giga-giga byte mp3 dan video tersebut sudah saya hapus dari komputer, karena saya yakin mp3 dan video tersebut, adalah file-file illegal, karena didapat dari sumber dan dengan cara yang illegal.

Ketujuh, saya menemukan kertas yang bertuliskan tangan, berisi daftar panitia Buku Tahunan (BT) 2005. Bergabungnya saya di kepanitiaan BT ini mengubah hidup saya. Titik awal saya menggemari dunia disain grafis adalah saat saya bergabung dengan Sie. Disain BT 2005 ini. Meskipun tidak jago-jago amat, tapi saya merasa sangat bahagia karena bisa berkontribusi dalam pembuatan disain BT. Sampai sekarang, saya masih terus belajar disain grafis.

Kedelapan atau terakhir, saya menemukan kertas-kertas soal dan materi-materi Superintensif SPMB 2005 dari Nurul Fikri (NF). Sebelum SPMB, saya mengikuti bimbingan belajar (bimbel) intensif satu bulan dari NF. Alhamdulillah, jalan masuk saya ke Fasilkom yang diberikan oleh Allah SWT salah satunya lewat NF ini. Bisa dibilang persiapan saya menuju SPMB sangat minim dan pas-pasan, karena saya kurang optimal dalam mengikuti bimbel intensif ini. Dari 4 kali Try Out (TO) SPMB yang diberikan, tidak satupun saya lulus. Alhamdulillah, Allah memberi saya nikmat yang sangat besar karena saya masih diberi kepercayaan untuk diterima di Fasilkom.

Salah satu parameter untuk membuktikan indahnya masa SMA kita adalah lewat banyaknya kenangan yang kita miliki selama di SMA. Alahmduilllah, saya termasuk orang yang diberi nikmat merasakan indahnya masa-masa SMA. Kenangan-kenangan yang terjadi selama di SMA akan menjadi kenangan yang insya Allah tak akan terlupa. Jangan pernah melupakan kenangan-kenangan kita di SMA dulu, karena sesungguhnya kenangan itulah yang akan mempersatukan seluruh teman-teman SMA kita dan mempererat silaturahim.

Alhamdulillah..

Assalamu’alaikum..
Hari ini hari Kamis, 14 September 2006..
Alhamdulillah, hari ini gw lewati dengan sangat berbahagia..

Alhamdulillah Ya Allah.. Berikanlah hari seperti ini besok, untukku dan untuk sahabat-sahabatku.. Karena kalo nggak salah, rahmat Allah turun pas kita lagi bahagia ya?

Sekali lagi alhamdulillah… Hari ini sangat menyenangkan!

Assalamu’alaikum..

Tahun baru! Kuliah Lagi! Alhamdulillah… =D

Assalamu’alaikum..
Tahun baru, semester baru, target baru, mata kuliah baru, semangat baru! Semuanya serba baru nih, di smester ini..

Pertama, punya adik-adik baru.. First impressionnya sih, adik2 2006 ini orangnya banyak yang asik2 dan smangat2.. Beberapa ada sih, yang pendiam, ada yang terlalu ‘pecicilan’, dll.. Tapi gw seneng banget punya adik-adik baru.. Sampai detik ini, udah 102 adik-adik baru yang kenalan sama gw (alias minta tanda tangan gw).. Lho, kok bisa tahu udah ada 102 yang minta tanda tangan? Iya, soalnya tiap adik yang kenalan sama gw + minta tanda tangan, namanya gw catet.. Alhasil, udah ada 102 nama yang tercatat.. Tapi sekarang gw nggak inget semua namanya.. Paling hanya beberapa aja yang interaksinya sering, dan beberapa yang menonjol di angkatan 2006..

Kedua, tentu saja, kuliah baru.. Alhamdulillah, kuliah minggu pertama sudah bisa diselesaikan dengan baik.. Semester 3 ini kedepannya insya Allah gw optimis cerah nih.. Amiin..

Cerita sedikit ah, tentang semester ini.. Semester ini gw ngambil 19 SKS. Mata kuliah yang gw ambil: Kalkulus II, Basis Data (Basdat) I, Struktur Data dan Algoritma (SDA), Fisika II, Statistika, dan Perancangan dan Pemrograman Web (PPW).. Batas maksimal SKS yang boleh gw ambil adalah 23.. Kenapa nggak dimaksimalin aja ngambil SKSnya? Maunya sih dimaksimalin, tapi karena ini adalah semester pertama gw berorganisasi (BEM Fasilkom), jadinya gw pikir gw perlu sedikit adaptasi dulu, nggak ngambil kuliah penuh-penuh, ngeri kuliah dan organisasinya keteter..

Dalam minggu pertama ini, semua kuliah perdana sudah gw ikutin, kecuali Fisika dan SDA yang dosennya emang nggak masuk.. First Impression? Alhamdulillah positif, dan mudah2an ke depannya benar-benar positif.. Target nilai dari masing-masing mata kuliah sudah gw tentukan. Beberapa mata kuliah gw targetkan dapat A, dan sisanya targetnya B. Kalo ditotal jenderal target tersebut terpenuhi, IPKS gw sampai semester 3 ini bakalan naik 0,1. Mudah-mudahan tercapai ya? Amiin.. Gw nggak mau kalah dong, sama teman-teman gw yang pintar-pintar dan cerdas-cerdas bagai Chandra, Agung, Hening, dll..

Tentang buku bagaimana? Sejauh ini, buku yang ada baru buku Basdat. Buku yang lain belum ada nih.. Soalnya gw punya rencana tersendiri tentang buku-perbukuan seperti ini.. Kira-kira kurang lebih begini rencananya.. Buat mata kuliah-mata kuliah yang gw targetin bagus dan gw pikir gw sanggup mencapai target itu, dan text-book dari mata kuliah itu bisa terpakai dalam jangka panjang (ke depannya), buku tersebut insya Allah gw beli asli dari perpus.. Mata kuliah Basis Data I termasuk dalam kategori gw yang ini. Kalo ngeliat semester 2 kemarin, buku asli yang gw beli cuma JHTP (Java How to Program). Alhamdulillah target gw kemarin tercapai, dan gw sangat senang dengan kuliah DPBO. Mudah-mudahan hal yang sama terjadi di mata kuliah Basdat ini ya? Amiin.. Buku yang asli kan menambah semangat dan motivasi kita belajar..

Trus, buat mata kuliah-mata kuliah yang butuh buku buat latihan, tapi mata kuliahnya nggak jadi target gw utama, tapi bukunya juga spertinya dipakai jangka panjang, gw lebih memilih membeli buku fotokopian.. Contohnya di semester satu gw moto kopi buku PSD dan MD.. Tapi buat semester ini gw bingung mau ngopi apa..

Trus, buat mata kuliah-mata kuliah yang bahan2 kuliahnya bisa didapat dengan mudah di mana-mana, gw nggak perlu beli bukunya.. Contohnya di smester ini mungkin PPW kali ya? Di internet tutorial web gitu kan banyak..

Trus, buat mata kuliah-mata kuliah sisanya, gw lebih suka meminjam..

Terakhir, semangat baru! Iya, di tahun kedua gw kuliah di Fasilkom, gw langsung mendapat amanah di tim inti BEM Fasilkom, padahal gw belum ada pengalaman apa-apa.. Ditambah lagi dengan kuliah-kuliah baru seperti yang udah gw tulis sbelumnya.. Ditambah lagi dengan target-target ‘kecil’ yang udah gw buat.. Tentu saja, semua itu harus dijalani dengan baik.. Oleh karena itu, gw juga mempersiapkan stok semangat baru yang fresh dan banyak jumlahnya.. Semangat-semangat itu gw dapet dari berbagai sumber:

1. Tingkat keimanan alias ruhiyah.. Kalo kita deket sama Allah SWT, Allah bakal memberi kita tenaga alias semangat yang hampir nggak terbatas..
2. Temen-temen gw yang nggak kalah semangatnya.. Teman-teman dekat kita itu mempengaruhi kita banget, makanya kita harus milih sahabat yang semangat juga
3. Target-target yang udah gw bikin –> Itu harus bikin semangat dong.
4. Dan masih banyak sumber lainnya yang alhamdulillah sering muncul tiba-tiba..

Semester 3 ini yang pasti harus lebih baik dari semester 2. Bismillah, semester 3 ini insya Allah bakalan lebih baik dari semester-smester seblumnya…

Semangat semuanya!