Disain Grafis!

Assalamu’alaikum..
Ahahaha, lama nggak nge-blog nih..

Mau berbagi sedikit ah, tentang dunia yang gw hobiin dan gw cukup tekuni.. Yak, apalagi kalau bukan disain grafis!

Mungkin beberapa dari temen-temen tahu, kalo gw suka ngedisain-disain grafis, dan lagi belajar buat ngedalemin itu. Disain gw masih jauh dari bagus dan sempurna sama sekali.. Jangan dibandingin sama yang udah jago dan berpengalaman, apalagi yang emang anak DKV (Disain Komunikasi Visual), nanti disain gw kebanting. Kalo kata temen gw (yang sekarang lagi di Jepang), disain gw masih belum ‘mateng’. Ya, hasil-hasil disain yang gw bikin belum ‘gw banget’, belum ada satu ciri khas yang bisa ditonjolkan. Maklum, gw baru bisa meniru style orang-orang yang udah jago buat gw pelajarin.. Oh iya, sekarang gw lagi mendalami Vector Art, soalnya vector art menarik banget.. Apa itu vector art? Tunggu postingan selanjutnya ya, insya Allah..

Oh iya, jangan lupa ya, kunjungin gallery disain gw di http://ilman05.deviantart.com/gallery/ –> linknya juga ada di sebelah kanan.
BUat yang belum tahu, deviantArt (http://www.deviantart.com/) itu adalah website tempat para anggota-anggotanya memajang hasil-hasil karya seni mereka. Bisa fotografi, bisa kaligrafi, bisa disain digital, bisa graffiti, dsb..

Nah, ternyata, berdasarkan pengamatan gw terhadap disain-disain vector ‘mantab’ yang ada di dA (deviantArt), ada banyak banget yang harus dipelajari. Meskipun gw nggak harus bisa semua, karena disainer-disainer grafis yang ada juga nggak mendalami semua jenis itu, tapi seenggak-enggaknya gw bisa sedikit-sedikit lah, dasarnya..

Lanjut ya, gw mau coba menulis beberapa hal hasil observasi gw di dA, tentang apa yang harus dipelajari tentang vector art ini..

1. Vector Tracing
Tracing itu artinya menjiplak. Vector tracing berarti menjiplak gambar/foto ke dalam gambar vectornya.
Biar lebih jelas, coba lihat gambar ini:


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/34212619/


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/35875391/


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/37960666/


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/38451502/

Nah, menurut gw, secara umum tracing itu ada 2 objek utama: Kendaraan dan Manusia. Yang lebih sulit yang mana? Menurut gw, yang lebih sulit itu nge-trace manusia. Bahkan sampai sekarang gw belum berani nge-trace wajah. Seperti bisa diliat di 2 gambar terakhir, gw hanya bisa ngetrace bajunya, bukan wajahnya..

Nah, sejauh ini, kemampuan vector tracing gw hanya seperti yang gw tunjukin di atas (oh iya, disain lain liat aja ya, di gallery gw http://ilman05.deviantart.com/gallery/). Kemampuan tracing gw harus ditingkatkan, soalnya ngeliat hasil tracing orang lain itu keren2 banget.. COba liat http://ilman05.deviantart.com/favourites/, itu hasil tracing orang2 lain yang jago-jago..

2. Membuat karakter
Kata lainnya adalah menggambar! Gw nggak bisa gambar, padahal kemampuan menggambar karakter itu sangat penting buat dikuasain oleh seorang disainer. Itu kemampuan dasar kan?

Sejauh ini, karakter yang udah gw bikin:


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/34863610/


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/34995758/


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/36499750/

Yang terakhir itu adalah logo2 pribadi gw di dunia disain..

Nah, gw belum bisa gambar nih.. Padahal, menurut gw, kalo misalnya kemampuan dasar ngegambar gw udah terpenuhi, kreativitas makin nggak terbatas kan? Sejauh ini, gw cuma bisa nge-trace (jiplak) dari gambar yang udah ada.. Dan belum tentu gambar yang mau gw pake itu sesuai dengan konsep disain gw.. Gw udah minjem buku “How to Draw and Create Manga” dari temen gw sih, buat belajar gambar, tapi sampe sekarang jarang gw praktekin di rumah.. =P

coba liat ini (bikinan orang):


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/34160387/


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/36336618/

Lihat, lucu-lucu kan?

3. Coloring
Alias permainan warna. Gw belum bisa (ato belum berani?) buat nyampur2 warna. Gw belum tahu teori-teori warna, seperti, komposisi warna yang tepat itu kaya gimana, terus warna ini bagusnya digabung sama warna itu, dst..

coba liat :

ini disain-disain gw waktu awal-awal. Cuma pake satu warna kan?


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/33975565/


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/34995673/


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/34306263/

Alhamdulillahnya, lama kelamaan gw coba-coba aja paksain buat main warna. Ini juga hasil minta saran dari sana-sini.


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/36289757/


ini dari http://www.deviantart.com/deviation/37682998/

Tapi tetep aja, masih banyak yang harus gw pelajari tentang warna..

Ya, gw rasa itu dia, 3 hal yang gw pikir perlu gw pelajari. Cukup sedikit? Hahaha, kenyataannya tidak semudah itu.. Dalam belajar, mood sangat berpengaruh.. Butuh perjuangan dan sedikit pemaksaan buat terus belajar. Sebagai contoh, nge-trace satu gambar mobil yang di atas tadi, rata-rata minimal 3 hari ngerjain, maksimal seminggu. Itu kalo lagi semangat. Kalo malasnya lagi kambuh, baru buka Adobe Illustratornya aja udah gw tutup lagi..

Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih baik lagi, Amiin. Gw tahu, gw bukan anak DKV tapi anak Fasilkom, tapi gw nggak mau kalah tentu saja, karena ada kok anak Fasilkom yang disainnya jago juga –> Direz 03 (http://fsnflshd.deviantart.com). Masa gw kalah sih?

Teman-teman, tolong dukung saya ya, dan tolong, tiap kali gw menunjukkan disain gw, jangan dianggap gw itu lagi pamer ya, gw hanya minta komentar, saran, kritik yang bisa membuat gw lebih baik lagi..

Oke-oke? Makasi ya..

Assalamu’alaikum..

Iklan

3 pemikiran pada “Disain Grafis!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s