iLm@N – case sensitive

Assalamu’alaikum..
Sebetulnya bingung nih, mau nulis tentang apa.. Nulis sesuatu yang santai sedikit ah..

Jadi gini, nama lengkap gw udah pada tahu semua kan? Muhammad Ilman Akbar. Panggilannya juga udah tahu kan? Ilman. Nah, karena gw pernah ABG (cie.. ABG.. Emangnya sekarang nggak ABG lagi ya?), dan ABG suka menggaya-gayakan sesuatu, gw juga ketularan itu. Bagian dari diri gw yang ketiban (ketiban sial atau untung ya?) digaya-gayain adalah nama panggilan gw. Alhasil, kalo nulis nama panggilan gw, gw nggak cuma sekedar nulis ilman, tapi ada sesuatu yang digaya-gayain..

Nah, kalo nggak salah, ceritanya bermula pas akhir2 SMP (atau awal2 SMA? yah, pokoknya gitu lah!), gw iseng2 nulis2 nama Ilman. Insting ABG seperti gw sebutkan sebelumnya pun keluar. Tulisan ilman tidak lagi sekedar huruf i-l-m-a-n biasa. Setelah berkali-kali mencoba, dan entah terinspirasi dari mana juga, gw ngerasa klo nulis nama sesuai EYD (Ilman, huruf pertama dari nama harus huruf besar) itu nggak terlalu menarik. Juga kalo nulis dengan huruf kecil semua (ilman) atau besar semua (ILMAN). Akhirnya gw mendapat ‘ilham’, hurufnya harus selang seling huruf besar dan kecilnya.

Kalo nggak salah transformasi tulisannya gini: ilman –> iLmAn –> iLm@n –> iLm@N

Nah, seperti tulisan ‘iLm@N’ di judul blog gw di atas, penulisan nama gw yang officially correct adalah yang seperti itu.

iLm@N
i kecil – L besar/kapital – m kecil – @N besar/kapital

Menggunakan istilah komputer, penulisan nama gw itu ‘case sensitive’, alias sensitif terhadap kapital tidaknya huruf. Sebab berbeda kapital tidaknya huruf, maknanya bisa beda (halah, kaya apaan aja.. hehehe)

Oh iya, satu hal lagi.. Kalo ngetik di komputer, jenis font juga berpengaruh.. Kalo temen2 liat tulisan iLm@N ini, pasti temen2 ngeliat karakter ‘@‘nya lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan N. Nah, yang enak dipandang sih, kalo ‘@‘nya lebih besar dan lebih tinggi dari N. Font ideal buat nulis nama gw dengan baik dan benar itu Times New Roman, Comic, Arial, dan Impact. Tapi nggak papa kok, nggak terlalu prinsip. Tapi kalo bisa, kalo nulis nama gw dengan tangan, karakter ‘@‘nya ukurannya lebih gede dari N ya..

iLm@N. Begitulah, sejak pertama kali diciptakan hingga sekarang, gw cukup bangga menuliskan nama panggilan gw dengan ejaan seperti itu.. Dan gw juga bangga dan senang banget jika temen-temen gw menuliskan nama gw (entah di phone book hape, di blog, di email, di forum, atau dimanapun) seperti itu (iLm@N). Tapi ya, nggak papa kok, kalo mau nulisnya pake gaya yang biasa aja.. Toh kalo nulisnya nggak iLm@N nggak dosa kan? hehehe.. Intinya sih nulis nama gw pake gaya apa aja gw seneng (kalo make yang iLm@N lebih seneng lagi, =D), asal jangan nulis nama gw “Tetsu” atau “Pirlo” atau “Memet” aja.. Itu kan bukan nama gw.. hehehe..

Yap, begitulah kisah tentang ejaan nama panggilan gw, iLm@N. Mudah2an temen2 semua bisa mengerti mengapa gw suka banget menulis nama gw dengan gaya iLm@N. Oke2? Ingat: i kecil, L besar, m kecil, @, lalu N besar. Case sensitive, oke?

Assalamu’alaikum..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s