Dunia Baru

Assalamu’alaikum..
Mau cerita sedikit tentang pengalaman baru gw ah..

Jadi gini ceritanya.. Udah 6 tahun lebih, interaksi gw dengan tetangga sekitar rumah, sama temen-temen main gw, udah sangat berkurang.. Seinget gw, begitu gw masuk SMP, gw udah jarang lagi main sama temen-temen di skitar rumah gw.. Dulu, zaman-zaman gw masih SD, hampir tiap hari gw main.. Ya main bola lah, main bulu tangkis, main tak umpet, tak jongkok, bete 7, sampe yang paling mutakhir, main PS..

Tapi begitu SMP, udah mulai jarang interaksi sama temen-temen main gw. SMP kelas 1 pulangnya sore, terus seterusnya udah mulai asik sendiri sama dunia temen-temen SMP. Begitu masuk SMA, hari-hari gw habis di sekolah. Pergi pagi, pulang sore. Ikut organisasi, main-main ke rumah temen, banyak kegiatan lah pokoknya..

Begitu kuliah tahun pertama juga begitu.. Masih sibuk jadi mahasiswa baru.. Trus ya, sibuk-sibuk sedikit di tahun pertama di kampus..

Padahal, kegiatan tetangga gw, terutama anak-anak remajanya lumayan banyak banget.. Remaja RT-nya lumayan aktif, trus pas 17-an, acaranya rame, trus pas idul fitri, idul adha, wah, pokoknya banyak deh.. Gw pernah diajakin ikut jadi pengurus Remaja RT, tapi waktu itu (SMA2 awal) gw ogah-ogahan..

Gw ngerasain, sikap gw yang begitu (tidak bersosialisasi dengan tetangga) sangat nggak bagus. Sama anak-anak muda (remaja)-nya apalagi. Gw jarang nongkrong banget, bahkan buat sekedar nyapa aja jarang..

Bahkan sampai Rasulullah saja mengajarkan kita untuk menghormati tetangga kita.. Rasulullah banyak berpesan tentang memuliakan tetangga.. Salah satunya kalo kita mengaku beriman kepada Allah dan hari akhir, kita harus memuliakan tetangga.. Ada lagi, kalo kita masak, hendaknya memperbanyak kuahnya, biar masakan kita bisa dibagi ke tetangga kita.. Bahkan, saking deketnya Rasulullah dengan tetangganya, Rasulullah sampe mengira, kalau tetangganya itu bisa jadi ahli warisnya.. (Yang jadi ahli waris adalah keluarga, -red)

Gw udah sering banget mikirin itu, tapi masih belum nemu cara memulai hubungan baik dengan tetangga, terutama dengan para remajanya.

Alhamdulillah, semalem kesempatan itu datang juga.. Jadi ceritanya semalem itu ada rapat pembentukan panitia 17 Agustusan.. Gw awalnya ga tau klo ada rapat.. Tapi bokap dan nyokap gw dikasih tau, kalo ada rapat 17 agustus, dan yang diundang itu pengurus RT, ibu-ibu PKK, dan remaja.. Oh iya, bokap gw bendahara RT, nyokap gw ibu-ibu PKK..
Ya sudah lah, bersama nyokap, bokap, dan ade gw (dia kelas 2 SMA), gw ikut juga di rapat itu..

Alhamdulillah juga, gw dapet pengalaman baru, rapat bareng ibu-ibu, bapak-bapak, dan remaja lainnya.. Alhamdulillah gw juga nggak terlalu kesulitan buat adaptasi dengan lingkungan itu, soalnya remajanya udah pada gw kenal, jadi meskipun jarang interaksi, pede aja lagi.. =D..

Singkat kata, di kepanitiaan 17 Agustusan itu, gw dapet amanah jadi seksi acara.. Mudah-mudahan, mulai tahun ini dan seterusnya, gw bisa eksis di lingkungan gw, bisa bermanfaat, bisa memanfaatkan dunia baru ini sebagai ladang amal gw buat di akhirat kelak, sebagaimana gw selama ini eksis di lingkungan sekolah dan kampus..

Yak! Menatap pijakan di dunia baru dalam kehidupan gw! Ayo semangat! Jaga keikhlasan, kuatkan tulang punggungmu untuk mengemban amanah-amanah yang diberikan..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s