Seri Sholat Sunah: Sholat Dhuha Yuk!

Assalamu’alaikum wr.wb..

Dhuha? Apaan tuh?

~ “Tante-tante ditinggal mati suaminya kan jadi janda. Kalo om-om ditinggal mati istrinya, jadi duha kan?”

~ “Atas bencana gempa bumi di jogja kemarin, saya turut berduha cita..”
~ Siiiiiiiiiiiiiiiiiiiing……… Gubruak….

Dhuha, sebuah kata dari bahasa arab, artinya adalah “waktu matahari sepenggalan naik”.. Jadi, sholat dhuha adalah sholat (sunah) yang dilakukan pada saat matahari masih sepenggalan naik.. Yah, kira-kira antara jam 7 pagi sampai jam 11 lah.. Udah nggak subuh lagi, tapi masih belum dzuhur.. Itulah sholat dhuha..

Rasulullah menyunahkan kita untuk sholat dhuha.. Minimal 2 rakaat, maksimal 11 rakaat.. Kenapa dibatasin maksimal 11 rakaat? Karena sholat dhuha dilakukan pas waktu-waktu produktif (kerja, belajar, kuliah, dsb), kalo kelamaan sholat kan pekerjaannya terbengkalai.. Makanya Rasul membatasi sholat dhuha jadi 11 rakaat doang.. Islam kan agama rahmatan lil ‘alamin..

Keuntungan sholat dhuha apa?
Ada yang bilang, sholat dhuha itu adalah sholat untuk kita minta rezeki kepada Allah SWT.. Mungkin bener juga sih, soalnya setelah sholat dhuha, kita disunahkan (dianjurkan) membaca do’a yang artinya seperti ini:

Ya Allah, bahwasannya waktu dhuha itu adalah waktuMU,
dan keagungan itu adalah keagunganMU,
dan keindahan itu adalah keindahanMU,
dan kekuatan itu adalah kekuatanMU,
dan perlindungan itu adalah perlindunganMU,
Ya Allah, jika rizkiku masih ! di atas langit, maka turunkanlah,
jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah,
jika masih sukar, maka mudahkanlah,
jika (ternyata) haram, maka sucikanlah,
jika masih jauh, maka dekatkanlah,
Berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaanMU,
limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada
hamba-hambaMU yang sholeh.
Amiin Ya Robbal Alamiin.

Rezeki itu nggak cuma uang/materi lho.. Kecerdasan yang dikasih Allah itu juga rezeki, waktu luang yang kita punya juga rezeki, rasa bahagia yang kita alami juga rezeki..

Yang pasti sih, kita nggak dibatasin mau berdo’a apa aja.. Nggak minta rezeki juga nggak papa kok.. Yang penting berdo’a (yang baik-baik) kan?

Selain buat minta rezeki, Rasulullah juga bersabda, orang yang sholat dhuha 11 rakaat, di surga bakal dibikinin istana dari emas..

Caranya kaya gimana?
Dikerjainnya dua rakaat salam -dua rakaat salam.. Jadi kalo misalnya mau sholat lebih dari 2 rakaat, kita sholat dua rakaat dulu baru salam, trus berdiri lagi dan mulai lagi, setelah 2 rakaat salam.. Begitu seterusnya..

Bacaannya persis sama kaya sholat-sholat wajib biasa kok… Tapi kita disunahkan baca surat As-Syams setelah Al-Fatihah pas rokaat pertama, trus baca Ad-Dhuha setelah Al-fatihah di rakaat kedua.. Gerakan sholat yang lain bacaannya sama aja kaya biasa..

Yang beda ya cuma satu: niatnya.. Mau sholat dhuha jangan niat sholat shubuh… Kecuali kalo emang sholat shubuhnya kesiangan.. .Hehehehe

Terus, biar kita bisa sholat dhuha gimana? Males nih.. = )
Nggak ada tips-tips khusus kok.. Yang penting kita sempetin aja waktu pagi-pagi buat sholat dhuha..

Buat anak-anak SMA, pasti ada waktu istirahat kan? Kalo di SMA saya, istirahat pertamanya pukul 10.00 sampe 10.15.. Dari 15 menit itu, 5 menit pertama bisa buat sholat dhuha (2 rakaat aja, yang penting sholat… = P ), trus 10 menit berikutnya bisa dipake buat ke kantin deh..

Buat anak-anak kuliahan juga, kuliah nggak full dari pagi sampe dzuhur kan? Kalo jam 10 udah keluar, sempetin aja 5-10 menit buat sholat dhuha (2 rakaat juga gapapa kok.. = P), abis itu baru cao..

Buat bapak-bapak/ibu-ibu yang udah kerja.. Wah, ini lebih enak lagi, waktu lumayan bebas (nggak kaya anak sekolahan yang harus duduk di kelas berjam-jam) kan? Pas waktu dhuha, bisa break sebentar buat sholat.. Sekalian nge-refresh dengan air wudhu biar seger dan nggak ngantuk pas kerja..

Bagaimana? Tertarik buat sholat dhuha? Percayalah, sholat dhuha itu asik lho!

Iklan

2 pemikiran pada “Seri Sholat Sunah: Sholat Dhuha Yuk!

  1. Artikelna seru…..!
    Mungkhin u/ sebagian orang ngerasa gak penting baghi ilmu gituan…
    tapi u/ yang butuh penyegaran batin ngebantu ko
    Ya shiar islam bukan ?
    Diterusin aza tetep semangat paling gak kalo misal gak berguna bagi orang lain ya berguna bagi kita sendiri.
    Tapi artikel ini sangat berguna bagi ak
    thanks (desyretno@yahoo.com)

    Suka

  2. hihihi……
    malu pada diri sendiri, masak umur sudah bongkotan belom pernah sholat duha. kalo apalan surat pendeknya itu-itu saja gpp kan.
    pengen mencoba njalanin sholat duha di kantor, cuman ngga enak sama temen kantor, tumben sholat duha hehehe…..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s